penyebab baterai laptop cepat ngedrop

penyebab baterai laptop cepat ngedrop-Baterai laptop dengan pemakaian yang normal dan benar menurut teori, akan bocor setidaknya 10-15% per-tahun. Bocornya/drop baterai laptop memang tdk bisa dihindari, yg bisa kita lakukan hanya meminimalisirnya supaya tdk nge-drop terlalu parah.

Cara merawat baterai laptop yg benar (BATERAI TIPE LAMA):
-Berlaku untuk baterai tipe lama, setelah charging 100%, lepas baterai dan biarkan laptop jalan pake tenaga listrik, atau matikan charging. Kalo terus-menerus dicharge, sel baterai bisa rusak dan akibatnya bocor.

-Biasakan memakai baterai laptop setidaknya sehari sekali, supaya kerja baterai makin efisien. Gunakan sampe 50%, lalu charger lagi dan copot kalo dah 100%. Hal itu bisa mengefisienkan kerja sel baterai

-Jangan sekali2 charger baterai saat terjadi lonjakan listrik, memang dah ada adapternya, tp tetep beresiko baterai rusak.

-Lakukan 'kuras baterai' setidaknya sebulan sekali. Gunakan baterai laptop sampe bener2 habis 0% dan laptop mati, Lalu charger sampe penuh kembali. Memang kedengarannya aneh, tapi terbukti memperpanjang umur baterai.

-Bila melakukan aplikasi berat macam game, jangan running laptop pake baterai, karena memaksa baterai memberikan energi lbh banyak dan akibatnya transistor baterai bisa rusak karena dipaksa kerjanya.
-Jagalah baterai dari benturan2 keras.

Kalo baterai laptop gan bocor, kemungkinan bisa karena melanggar salah satu poin diatas.

Merawat baterai TIPE BARU:
-Baterai tipe gini sudah mempunyai sensor, jadi saat dah full 100%, baterai akan memutus aliran listrik dari charger, dan membiarkan dirinya habis sampe 99%, lalu menutup panel sel baterai dan membiarkan listrik dari charger masuk ke laptop, jadi baterai tdk berfungsi, dan akan tertulis '99% plugged in, not charging'. 
-Namun, jangan selamanya dibiarkan spt itu, tetep gunakan baterai secara berkala supaya mengefisiensikan sel baterai, karena kalo tdk lama tdk dipake, akan memperlemot baterai memberi energi pada laptop, ujung2nya performa laptop yg berkurang..
-Juga lakukan juga 'kuras baterai' spt tadi.

PS: Bila pada baterai tipe baru, setelah 100% masih charging, lakukan cara manual: matikan charger, biarkan baterai berkurang sampe 99% lalu nyalakan lagi chargernya, nanti akan tertulis 99% plugged in, not charging'.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : penyebab baterai laptop cepat ngedrop

0 comments:

Post a Comment